Halaman

Rabu, 01 Januari 2020

Hal yang mungkin belum kalian bayangkan tentang selfie?


Selfie

  •  Apakah kalian pernah membayangkan kata selfie itu berasal dari mana?
  • Apakah kalian juga pernah membayangkan foto seperti apa  saat selfie pertama kali dicetuskan?
  •  Apakah kalian juga pernah membayngkan bahasa Indonesianya selfie?


Oxford Dictionary: Selfie
                Selfie merupakan salah satu slang yang berasal dari Australia yang berarti foto diri. Kata selfie itu sendiri pertama kali digunkan pada situs web Australia pada tahun 2002. Namun pada saat itu kata selfie tidak begitu populer, hingga pada tahun 2012. Pada tahun 2012 – 2013 mendatang, kata selfie sering digunakan berbagai media cetak maupun media elektronik. Hingga pada tahun 2013 Oxford Dictionaries (penerbit) dari Kamus Bahasa Inggris Oxford serta kamus lainnya memasukan kata selfie sebagai Word of The Year.

Anastasia Nikolaevna

                Setelah kita membahas mengenai asal muasal kata selfie, apakah kalian tahu bagaimana foto selfie pertama kali diambil. Selfie pertama kali dilakukan oleh Putri Kekaisaran Rusia, Anastasia Nikolaevna melalui kamera boks Kodak Brownie pada tahun 1914 untuk dikirimkan kepada temannya. Didalam surat yang Putri Anastasia kirimkan kepada temannya bersama foto selfie-nya adalah: : "Saya mengambil foto ini menggunakan cermin. Sangat susah dan tangan saya gemetar".




KBBI
                Selfie merupakan kata yang sangat familiar di kehidupan sehari-hari kita, kita juga tahu bahwa kata selfie itu bukanlah bahasa Indonesia. Tapi tidak salahkah kita sebagai masyarakat Indonesia untuk mengganti kata selfie tersebut dengan istilah dari bahasa Indonesia. Kata Selfie telah disesuaikan dengan EYD yaitu menjadi Swafoto.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar