Halaman

Rabu, 01 Januari 2020

Boneka? Barbie?



  • Sebelumnya apakah kalian pernah terpikirkan boneka seperti apa yang pertama kali diciptakan di dunia?
  • Barbie?
  • Apakah kalian juga pernah terpikirkan kenapa kebanyakan boneka disebut dengan Barbie?


Boneka
                Boneka adalah mainan yang  bentuknya bermacam-macam, biasanya boneka menirukan bentuk dari mahluk hidup terutam hewan dan manusia atau pun tokoh-tokoh fiksi. Boneka termasuk salah satu jenis mainan, dan merupakan jenis mainan tertua di dunia. Boneka tidak hanya digunakan untuk bermain, tetapi boneka juga digunakan untuk ritual yang bersifat gaib atau mistik. Mari kita beri contoh yaitu “Jalangkung” (~v~)
Jalangkung


                Jika kalian tahu boneka pertama kali diciptakan pada Zaman Yunani, Romawi, ataupun Mesir Kuno. Namun pada zaman tersebut fungsi boneka lebih menuju ke arah ritual keagamaan mereka pada zaman tersebut. Pada zaman tersebut boneka terbuat dari tanah liat, batu, kayu, kulit, bahkan tulang. Tidak seperti zaman sekarang boneka zaman dahulu rupanya tidak terlihat lucu atau cantik.
Boneka Kuno
                Pada zaman 3000-2000 SM, boneka umumnya terbuat dari tanah liat, tulang, maupun patahan kayu, ataupun potongan kain. Bentuknya masih sangat sederhana dan memiliki fungsi ritual. Contohnya di Yunani dan Romawi Kuno.
Foto Boneka Eropa pada abad 14

                Tapi pada abad ke 14 boneka- boneka modern mulai muncul di Eropa. Bentuknya sangat berbeda dengan boneka yang ada sebelumnya. Wajahnya cantik dan halus seperti manusia, serta berdada. Pada zaman ini boneka tidak lagi bersifat ritual, tetapi untuk mode. Untuk itu, boneka menggunakan baju atau gaun dan rambut yang benar benar mirip dengan mode pada zaman itu.
                Setelah melihat bentuk dari boneka pada zaman dahulu, tak terbayang revolusi yang di alami oleh boneka yang dimulai dari fungsi hingga bentuknya berubah, dari fungsi boneka yang berbau hal mistis dan bentunya yang kurang menarik menjadi mainan yang populer khususnya bagi anak perempuan. Membahas tentang mainan populer di kalangan anak-anak perempuan, tentu para pembaca sekalian pernah mendengar boneka yang bernama Barbie ini.
Barbie

                Barbie sendiri merupakan boneka yang diproduksi oleh perusahaan Amerika, Mattel, dan diperkenalkan pada Maret 1959. Pembuat boneka ini, Ruth Handler, mendapatkan inspirasi dari sebuah boneka asal Jerman yang bernama Bild Lilli.
Boneka Bild Lilli
                Lalu kenapa semua boneka khusus perempuan selalu disebut Barbie. Sejak awal penjualan, boneka Barbie selalu menjadi trending diseluruh dunia, dengan umur Barbie yang akan berumur 61 tahun  tentu Barbie telah meluncurkan berbagai macam boneka Barbie mulai dari bentuk wajah yang bermacam-macam, warna kulit yang berbeda-beda, hingga boneka Barbie  yang dibuat khusus untuk menirukan berbagai macam selebriti. Selain itu, di kalangan perempuan boneka Barbie disebut acuan standar kecantikan yang diimpikan perempuan-perempuan. Tentu saja dengan produksi dan prestasi yang telah digapai oleh perusahaan boneka Barbie, boneka Barbie selalu populer sebagai mainan anak-anak perempuan. Saking populernya setiap boneka plastik yang menyerupai manusia selalu disebut boneka Barbie.
                Berikut bagi para pembaca yang penasaran akan revolusi boneka Barbie dari tahun ke tahun.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar